Entri Populer

Kamis, 25 November 2010

FTC dan TSP

From To Chart
Chart adalah grafik atau diagram yang menampilkan data atau hubungan antar data kumpulan data yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
            Merupakan gambaran tentang berapa total ongkos material handling (OMH) dari suatu bagian aktivitas menuju aktivitas lainnya dalam suatu pabrik.
From To Chart  (FTC) merupakan penggambaran tentang berapa total OMH dari suatu bagian aktivitas dalam pabrik menuju aktivitas dalam pabrik lainnya, sehingga dari peta ini dapat dilihat total OMH secara keseluruhan mulai dari gudang baahn baku (receiving) menuju fabrikasi, assembling sampai terakhir menuju gudang barang jadi (shipping).
FTC biasanya berguna apabila barang yang mengalir pada suatu wilayah berjumlah banyak, seperti pada bengkel, kantor atau fasilitas lainnya. Hal ini berguna jika terjadi keterkaitan antara beberapa kegiatan dan jika diinginkan adanya penyusunan kegiatan yang optimum.
FTC secara umum mempunyai beberapa keuntungan dan kegunaan dalam hal-hal menganalisa perpindahan bahan, perencanaan pola aliran, mengukur efisiensi pola aliran, menunjukan ketergantungan suatu aktivitas dengan aktivitas lainnya, merencanakan hubungan antara sejumlah produk, bagian, item, menggambarkan jumlah hubungan antara aktifitas dan pergerakan diantaranya, memperpendek jarak perjalanan dalam suatu proses.
FTC inflow adalah suatu koefisien atas ongkos pada flowchart, dilihat dari ongkos yang masuk dari suatu mesin. FTC outflow adalah suatu koefisien atas ongkos pada flowchart dilihat dari ongkos yang keluar dari suatu mesin.
Keunggulan dan keuntungan FTC adalah :
v Menganalisa perpindahan bahan
v Perencanaan pola aliran
v Mengukur efisiensi pola aliran
v Menunjukkan ketergantungan suatu aktifitas dengan aktifitas lainnya
v Merencanakan hubungan antara sejumlah produk bagian, item dan lainnya
v Menggambarkan sejumlah hubungan antara aktifitas dan proses pergerakan diantaranya
v Memperpendek jarak perjalanan dalam suatu proses

Dalam perhitungan From To Chart (FTC) ada dua jenis perhitungan didalamnya yaitu:
  • In-Flow adalah suatu koefisien atas ongkos pada flowchart, dilihat dari ongkos yang masuk dari suatu mesin.
  • Out-Flow adalah suatu koefisien atas ongkos pada flowchart, dilihat dari ongkos yang keluar dari suatu mesin.
Tabel Skala Prioritas (TSP)
            Tabel Skala Prioritas (TSP) adalah suatu tabel yang menggambarkan urutan prioritas antara departemen/mesin dalam suatu lintas/lay out produksi. Tujuan pembuatan TSP adalah :
1.    Meminimumkan ongkos
2.    Memperkecil jarak handling
3.    Mengoptimalkan lay out






Tidak ada komentar:

Posting Komentar