Entri Populer

Minggu, 06 Maret 2011

Mengenal Warna Berbagai Simbol-Simbol Keselamatan Kerja

Dalam aspek keselamatan kerja, simbol-simbol keselamatan kerja merupakan langkah efektif untuk menginformasikan berbagai hal terkait dengan keselamatan kerja. Simbol simbol keselamatan kerja menjadi pegangan dan acuan setiap orang di lingkungan kerja, khususnya para pekerja.
Dengan adanya simbol keselamatan kerja, Anda dapat mengetahui berbagai kondisi dan pengkondisiannya. Sudah seharusnya setiap pekerja mengetahui maksud dari setiap simbol yang ada di lingkungan kerja. Ini merupakan salah satu gaya hidup sehat, yang harus diterapkan sebagai pekerja professional. Segala hal terkait lingkungan kerja dan pola kerja harus dipahami oleh pekerja.
Simbol Keselamatan Kerja Berdasar Warna
Untuk pembuatan simbol-simbol keselamatan kerja, dikelompokkan berdasarkan warna latar belakang dan warna tulisan atau gambar yang digunakan dalam simbol tersebut. Untuk warna yang seringkali digunakan sebagai simbol-simbol keselamatan kerja adalah:
1.  Warna Background
Simbol-simbol keselamatan kerja secara standar keselamatan kerja menggunakan 5 (lima) warna dasar. Masing-masing warna pada dasar atau background simbol keselamatan kerja ini mewakili kondisi yang diinginkan, yaitu:
·       Background Warna Merah. 
Warna ini menginformasikan bahwa di sekitar simbol tersebut, para pekerja atau orang-orang yang ada di sekitar lingkungan kerja harus tahu, betapa bahayanya lingkungan tersebut. Lingkungan yang diberi symbol keselamatan dengan warna background merah berarti bahaya.

·       Background Warna Kuning.
Warna ini menginformasikan bahwa setiap orang yang berada di lingkungan tempat simbol keselamatan, agar selalu waspada terhadap segala hal yang dapat terjadi di lingkungan kerja tersebut.
·       Background Warna Hijau. 
Warna ini menginformasikan bahwa lingkungan kerja di sekitar simbol tersebut merupakan lingkungan yang aman. Meskipun demikian, untuk menjaga keselamatan kerja, Anda harus tetap bersikap sebagai pekerja profesional. Tidak mengabaikan kenyataan bahwa setiap kondisi lingkungan dapat menyebabkan kecelakaan kerja.
·       Background Warna Biru. 
Warna ini menginformasikan bahwa segala hal yang ada di lingkungan kerja bersangkutan harus dipatuhi oleh semua orang. Apapun yang diinformasikan di lingkungan tersebut,semua orang yang berada di lingkungan kerja tersebut wajib mengikuti setiap informasi yang ada.
·       Background Warna Putih.
Warna ini menginformasikan bahwa di sekitar simbol tersebut akan ditemukan tempat untuk mendapatkan informasi umum di lingkungan kerja, ataupun lingkungan perusahaan tempat Anda bekerja.

2.  Warna Gambar atau Tulisan
Untuk melengkapi simbol-simbol keselamatan kerja, diberikan tulisan atau gambar-gambar tertentu. Tulisan atau gambar inilah yang memperjelas simbol keselamatan kerja bersangkutan. Berdasarkan warna tulisan atau gambar yang digunakan dalam membuat simbol keselamatan kerja, ada 2 (dua) warna yang digunakan. Warna tersebut adalah:
·  Hitam. Pada umumnya dipadukan pada simbol keselamatan kerja dengan warna background kuning dan putih. Kombinasi ini semakin memperjelas pengertian atau arti simbol keselamatan yang ada. Jika dipadu dengan warna kuning, artinya di lingkungan tersebut mempunyai potensi dan beresiko bahaya yang cukup besar. Sementara jika dipadukan dengan warna putih, itu artinya sebagai tempat mendapatkan informasi umum.
·  Putih. Pada umumnya dipadukan pada simbol keselamatan kerja dengan warna background merah, hijau, dan biru. Kombinasi ini memperjelas penertian yang dimaksudkan dalam simbol keselamatan kerja. Jika warna putih ini dipadukan dengan background warna hijau menunjukkan bahwa lingkungan tersebut dapat Anda temukan pertolongan pertama; jika warna putih dipadukan dengan warna biru menunjukkan bahwa semua orang wajib memenuhi dan mengikuti simbol yang ada di lingkungan tersebut.
Simbol-simbol keselamatan kerja memang sangat banyak di lingkungan kerja. Hal ini merupakan informasi yang diberikan kepada semua orang dengan posisi masing-masing.

Sumber:
http://www.anneahira.com/simbol-simbol-keselamatan-kerja.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar