Entri Populer

Sabtu, 01 Januari 2011

RENCANA-RENCANA PEMASARAN

DEFINISI PERENCANAAN
Perencanaan adalah proses menentukan bagaimana suatu organisasi dapat mencapai tujuannya melalui serangkaian aktivitas yang ditujukan pada proses analisa, evaluasi, seleksi diantara kesempatan-kesempatan yang diprediksi terlebih dahulu

DEFINISI RENCANA PEMASARAN
Rencana pemasaran adalah bagaimana sebuah organisasi bisnis dapat mencapai tujuan pemasarannya melalui sistem pemasaran yang dibentuk oleh komponen eksternal, internal, umpan balik dan wirausahawan (pelaku bisnis)

ANALISA LINGKUNGAN
Lingkungan Eksternal
Lingkungan yang tidak dapat dikendalikan oleh wirausahawan yang meliputi faktor:
Kondisi perekonomian negara dan didunia, kebudayaan, teknologi, permintaan produk, permasalahan hukum, persaingan bisnis, pasokan bahan baku dan lain-lain
Lingkungan Internal
Lingkungan yang dapat dikendalikan oleh wirausahawan yang meliputi faktor:
Sumber daya keuangan, manajemen, pemasok/supplier, serta sasaran dan tujuan organisasi

BAURAN PEMASARAN
Interaksi dari keempat variabel utama dalam sistem pemasaran, yaitu : produk dan jasa, Penetapan harga, saluran distribusi dan aktivitas promosi
* Produk / jasa
Unsur ini berisikan gambaran yang sepenuhnya menjelaskan tentang sifat usaha (nature of business) dari wirausahawan pada tahap awal saja atau yang menjadi usaha utamanya (core business)
*Penetapan harga
Unsur ini dapat menjadi cermin tentang citra produk / jasa yang berbeda sehingga kecil sekali peluangnya bagi wirausahawan untuk menetapkan harga yang sangat signifikan dengan para pesaingnya
*Saluran Distribusi
Variabel ini memberikan guna tempat (place utility) bagi para pelanggan yang membutuhkan produk/jasa yang dihasilkan sehingga diharapkan dapat dicapai titik kepuasan pelanggan
*Aktivitas promosi
variabel ini diharapkan dapat meningkatkan efektivitas usaha penjualan selain lewat saluran distribusi
BATASAN RENCANA PEMASARAN
Urgensi Rencana Pemasaran:
ü  Kita telah berada dimana (where do we now)?
ü  Kemana kita akan pergi (where do we go)?
ü  Bagaimana cara mencapainya (how do we go)?
Masalah dan kendala dalam perencanaan pasar:
ü  Kemampuan peramalan
ü  Akses kepada sumber informasi
ü  Waktu yang terbatas
ü  Koordinasi proses perencanaan
ü  Implementasi perencanaan pasar
LANGKAH-LANGKAH PEMBUATAN RENCANA
         Mendefinisikan situasi bisnis
         Mendefinisikan segmen pasar (peluang dan ancaman)
         Mendefinisikan kekuatan dan kelemahan
         Penetapan tujuan dan pasar
         Mendefinisikan strategi pemasaran dan usaha yang dilakukan
         Perancangan tanggung jawab implementasi
         Penganggaran strategi pemasaran
         Monitor kemajuan usaha pemasaran
Perencanaan Kontingensi
          Perencanaan yang baik harus dapat mempertimbangkan sebanyak mungkin alternatif dan memiliki fleksibilitas yang tinggi bila diperlukan penyesuaian-penyesuaian
Penyebab kegagalan dalam perencanaan:
         Minimnya rencana nyata
         Minimnya analisa situasi yang memadai
         Tujuan dan sasaran yang tidak realistis
         Kurangnya antisipasi terhadap pesaing dan pasokan

BERAKHIRNYA USAHA


KEPAILITAN
Suatu kondisi dimana sebuah institusi bisnis tidak mampu menutupi kewajiban jangka pendeknya. Alternatif penyelesaian kepailitan:
ü LIKUIDASI
ü REORGANISASI
ü RESCHEDULING
STRATEGI SELAMA REORGANISASI
Aktivitas-aktivitas positif yang dapat dilakukan wirausaha dalam masa reorganisasi:
ü  Berinisiatif membuat rencana-rencana keuangan baru
ü  Menjual rencana keuangan tersebut kepada kreditor yang dijamin
ü  Berkomunikasi dengan baik kepada kelompok kreditor
ü  Menghindari pengeluaran secara ketat
MEMPERTAHANKAN OPERASI USAHA
Faktor-faktor yang dapat menimbulkan resiko kegagalan bisnis, yaitu :
         Optimisme berlebihan ketika bisnis sedang sukses
         Tidak rajin membuat rencana-rencana pemasaran dengan tujuan yang jelas
         Tidak membuat proyeksi arus kas dan selalu memupuk modal / kapitalisasi
         Selalu terbelakang dalam persaingan pasar
         Tidak dapat mengidentifikasikan hal-hal yang membuat perusahaan dalam  kondisi bahaya
TANDA-TANDA KEPAILITAN
ü  Kelalaian manajemen keuangan sehingga tidak dapat menjelaskan tentang pembelanjaan keuangan perusahaan
ü  Pimpinan tidak bisa mendokumentasikan dan menjelaskan transaksi besar
ü  Pelanggan diberi potongan harga tinggi untuk memperbaiki arus kas yang buruk
ü  Kontrak bisnis yang masuk dibawah jumlah standar untuk hasilkan kas
ü  Bank meminta pelunasan hutang-hutangnya
ü  Orang-orang kunci bisnis meninggalkan perusahaan
ü  Kurangnya bahan mentah untuk menutupi pesanan
ü  Pajak upah dan gaji tidak dibayarkan
ü  Pemasok meminta pembayaran secara tunai
ü  Keluhan pelanggan yang meningkat akan mutu produk/jasa yang dihasilkan
SUKSESI USAHA
Suatu usaha untuk melanjutkan aktivitas bisnis yang sudah dibangun agar tetap memiliki eksistensi dalam area bisnis
Bentuk-bentuk suksesi usaha :
  1. Transfer kepada anggota keluarga
  2. Transfer kepada anggota bukan keluarga


SUMBER DAYA MANUSIA BAGI ORGANISASI KEWIRAUSAHAAN


Definisi Sumber Daya Manusia
Individu-individu dalam organisasi kerwirausahaan yang dapat memberikan kontribusi atau sumbangan yang berharga berupa peroduktivitas dari posisi yang mereka pegang untuk mencapai tujuan sistem organisasi kewirausahaan
Langkah-langkah penyediaan sumber daya manusia:
  1. Perekrutan karyawan
  2. Seleksi calon karyawan
  3. Pelatihan karyawan
  4. Penilaian hasil kerja
SUMBER DARI SUMBER DAYA MANUSIA
Sumber dari dalam organisasi:
         Karier
         Promosi jabatan
         Rotasi jabatan
Sumber dari luar organisasi :
         Para pesaing
         Badan/agen penempatan kerja
         Lembaga pendidikan
         Mass media informasi
Seleksi
Adalah pemilihan individu untuk disewa dari semua individu-individu yang telah direkrut. Tahap-Tahap Proses Seleksi:
ü  Penyaringan Pendahuluan dari rekaman, berkas data, dll
ü  Wawancara Pendahuluan
ü  Tes Kecerdasan (intelegence)
ü  Tes Bakat (Aptitude)
ü  Tes Kepribadian (Personality)
ü  Rujukan Prestasi (Performance References)
ü  Wawancara Dianostik
ü  Pemeriksaan Kesehatan
ü  Penilaian Pribadi
Dua alat yang sering digunakan untuk membantu proses seleksi adalah:
  1. Ujian (testing)
sebagai penelitian kualitas sumber daya manusia yang relevan untuk menjalankan tugas atau jabatan yang tersedia. Dibagi menjadi empat kategori:
a.  tes bakat (aptitude test)
b.  tes pencapaian (achievement test)
c.   tes minat vokasional (vocational interest test)
d.  tes kepribadian (personality test)
  1. Pusat Penilaian (assesment Center)
suatu program, dan bukannya tempat, dimana peserta tergabung dalam sejumlah individu dan kelompok latihan yang dibentuk untuk menstimulasi aktivitas-aktivitas penting pada tingkat dimana peserta berharap untuk bisa mencapai suatu tingkatan tertentu.
Pelatihan (Training)
            Adalah proses pengembangan kualitas sumber daya manusia yang pada akhirnya akan membuat sumber daya tersebut menjadi lebih produktif dan, karenanya bisa menyumbang bagi pencapaian tujuan organisasional.
TEHNIK PENGEMBANGAN KETERAMPILAN
On the job training (pelatihan dalam pekerjaan)
Pengembangan keterampilan yang menggabungkan pengetahuan dan pengalaman kerja yang berhubungan dengan jabatan
Classroom training (pelatihan di dalam kelas)
Pengembangan keterampilan di dalam ruang kelas termasuk meliputi penggunaan tipe atau metode permainan manajemen (management games) dan aktivitas permainan peranan (role playing activities)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar